Cuti sudah selesai... harus gak ketemu Agha deh pas jam kantor. Bunli di kampus, Agha sekolah di rumah Nenek. Hmmm, kangen Agha...

Masak: Gulai Daun Singkong

Dikirim: April 1st, 2006 | Oleh: | Kategori: Hidangan, Hobi | 32 Komentar »

Gulai Daun SingkongIni salah satu makanan kesukaan YayangGulai Daun Singkong, kalau gak salah ini masakan pertama yang bikin dia doyan makan sayur… :D Yang jangan sewot rahasianya dibongkar yah ;) Waktu tahu gulai pucuk ubi-nya (ini nama Padang-nya) Mama ini top banget, pasti dia gak akan melewatkannya kalau main ke rumah. Nah, tentu saja saya juga sering dapat pesanan masak ini dari yayang.

Bahan:

  • 3 ikat daun singkong
  • 3 sdm cabai giling
  • 2 ruas lengkuas
  • 2 ruas jahe
  • 3 batang sereh
  • 5 lembar daun salam
  • 100 gr teri medan
  • 1 kotak santan Kara
  • sedikit gula pasir
  • Royco

Bumbu dihaluskan:

  • 2 butir kemiri
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1,5 ruas kunyit
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt ketumbar

Cara mengolah:

  • Petik daun singkong dari tangkainya lalu rebus dengan sedikit garam.
  • Tiriskan daun singkong, peras airnya, lalu potong-potong sekitar 3 cm, sisihkan.
  • Tumis cabai giling dan bumbu yang dihaluskan sedngan sedikit minyak.
  • Tambahkan 2 liter air, aduk.
  • Masukkan sereh, lengkuas dan jahe yang sudah dimemarkan, masukkan daun salam.
  • Masukkan potongan daun singkong dan teri medan masak hingga mendidih.
  • Masukkan santan Kara yang telah dicampur 1,5 liter air. Aduk hingga mendidih agar santan tidak pecah.
  • Tambahkan garam, gula pasir dan Royco, aduk. Angkat dan hidangkan.

Catatan:

  • Daun singkong direbus dulu untuk mendapatkan gulai yang empuk.
  • Setelah gulai matang, tutup panci sejenak agar “aroma” gulai keluar sempurna

32 komentar untuk “Masak: Gulai Daun Singkong”

  1. 1
    amie
    berkomentar pada jam 3:39 pm
    tanggal 24 March 2008

    wuaaah makasih ya resep-y yaaa….. :) soal-y suami ku doyan sekali…jd seneng ngeliat suami makan-y lahap…. :kiss:

  2. 2
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 2:05 am
    tanggal 25 March 2008

    @amie : :hi: sip deh kalau suaminya amie suka. Tapi lahap-nya tentu karena makan masakan istri tercintanya doong :secretsmile:

  3. 3
    raiyani
    berkomentar pada jam 8:00 am
    tanggal 7 August 2008

    :) terimakasih info resepnya, pagi ini saya mau coba deh… :d

  4. 4
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 2:58 pm
    tanggal 7 August 2008

    @raiyani: :smile: Selamat nyobain…, semoga suka

  5. 5
    nila
    berkomentar pada jam 2:10 pm
    tanggal 27 April 2009

    pengen nyobain dehhh,siapa tau suami jadi doyan sayur :p

  6. 6
    brat bret brot
    berkomentar pada jam 3:54 pm
    tanggal 21 June 2009

    idih waaaaaaw………resepnya hebat

  7. 7
    shinta
    berkomentar pada jam 7:42 pm
    tanggal 7 November 2009

    makasih ya resepnya, mau nyoba ah buat kedai ku….

  8. 8
    ahmad
    berkomentar pada jam 6:03 pm
    tanggal 14 November 2009

    Enak banget gulai daun singkongnya smpai tambah…kekenyangan mantap….trim . atas resepnya..

  9. 9
    keyko
    berkomentar pada jam 11:33 am
    tanggal 13 January 2010

    Barusan coba resepnya…mantepppppppp bgt…semua pada suka…makasih resepnya^^

  10. 10
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 12:59 am
    tanggal 14 January 2010

    hehehe, syukurlah kalau pada suka :)

  11. 11
    Basuki
    berkomentar pada jam 8:48 am
    tanggal 11 March 2010

    Ini yg saya cari2 selama ini. Karna sulitnya menemuka resep di buku-buku resep masakan khas Indonesia ala medan yg cocok dengan selera saya. Trims

  12. 12
    Chìka
    berkomentar pada jam 9:10 am
    tanggal 18 May 2010

    Bener2 solusi yg menyenangkan. Soalnya aku ngerasa bosen masaknya gitu2 aja. Gak kepikiran masak daun singkong.. Tenkyu yee infonya!!

  13. 13
    ika kusama
    berkomentar pada jam 9:18 pm
    tanggal 18 October 2010

    makasih info bumbu ma cara masaknya. besok pagi mw metik daun singkong kebun trus masak.

  14. 14
    maman rikin
    berkomentar pada jam 5:26 am
    tanggal 8 November 2010

    makasih buat resepnya, udah lama nggak makan ini sayur (gulai)

  15. 15
    Lukisan Termurah
    berkomentar pada jam 5:06 pm
    tanggal 9 December 2010

    Hehe,, Padang nya “Pucuk Pacancih” g’ ya,,hahaha,, lupa jg’, lama g’ pulkam,,,Lamak Bana Gulainya,,,heeeee :) Makasih atas reseeep ny,,,

  16. 16
    hervianti rukmana
    berkomentar pada jam 4:14 pm
    tanggal 25 March 2011

    hehehe,,,,kayaknya enak nih,,,,kebetulan aq lagi ada daun singkong….tp gak tau mau aku apain,,,untungnya ada resep gulai ini,,,,akan aku coba deh,,,,thanks yah resepnya sangat membantu sekali….

  17. 17
    maggie candra
    berkomentar pada jam 11:04 am
    tanggal 7 July 2011

    hebat…makasih resepnya

  18. 18
    Frida
    berkomentar pada jam 10:37 pm
    tanggal 20 July 2011

    Wah enak aku sudah coba thanks

  19. 19
    micoas3
    berkomentar pada jam 5:20 pm
    tanggal 14 August 2011

    wah jadi pingin dimasakin kayak resep ini.
    mumpung dibelakang rumah banyak daun ubi.untuk buka puasa nih

  20. 20
    zeni
    berkomentar pada jam 3:29 pm
    tanggal 22 August 2011

    nyammi,,, trims ya. smoga dg resep baru suamiku lahap makannya…

  21. 21
    FADIA ELIS
    berkomentar pada jam 9:36 am
    tanggal 11 October 2011

    syukurlah ada resep ini,bisa dicoba nich…biar gak dimarak botok aja.

  22. 22
    lhenny
    berkomentar pada jam 3:57 pm
    tanggal 3 November 2011

    =>Mantappppppppp…………………>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>ehhehehehhe:D

  23. 23
    medidut
    berkomentar pada jam 10:44 am
    tanggal 12 November 2011

    hmmmmmmmmmm…………… yummie…gue yg tadinya g suka daun singkong jadi doyan… wkkkkkkkkk.jadi makanan favorit nich.

  24. 24
    medidut
    berkomentar pada jam 10:44 am
    tanggal 12 November 2011

    tengkiyu resepnya….

  25. 25
    erwan
    berkomentar pada jam 7:48 pm
    tanggal 16 November 2011

    apa airnya gak kebanyakan tuh, mbak? 2 liter ditambah 1,5 liter? Saya mau bikin tp msh bingung. Thx

  26. 26
    ardethtya
    berkomentar pada jam 8:16 am
    tanggal 7 January 2012

    wUEEEENAAAKKH…..MANTAP NYAMII..MMMMMM

  27. 27
    Alex
    berkomentar pada jam 9:19 am
    tanggal 8 January 2012

    izin mencoba…..

  28. 28
    sifa afri
    berkomentar pada jam 7:31 am
    tanggal 20 January 2012

    kak.. itu resep untuk hidangan brp org ya ? sya baru bljr msk.. jadi sya kurg pandai untuk mengira-ngira. sya cuma mau msk untuk 2 orang saja. kira2 btuh brpa ikat daun singkong y kak ?.

  29. 29
    lita
    berkomentar pada jam 4:20 pm
    tanggal 1 April 2012

    bisa gk teri medannya digaanti dengn yg lain??

  30. 30
    santyy
    berkomentar pada jam 3:44 pm
    tanggal 28 May 2012

    Lg hamiL ney jd nGiLer pengeen nyobain
    Moga sukses dec

  31. 31
    ESTERINA
    berkomentar pada jam 7:22 am
    tanggal 10 September 2012

    akan saya coba…
    thx ya infonya :)

  32. 32
    Heni Suhaeni Full Colour
    berkomentar pada jam 4:31 pm
    tanggal 1 December 2012

    saya bingung mau ngolah daun singkong. akhirnya ada jawabanya.. makasih mba, moga ibu bapa saya suka :)


Isi Komentar