Cuti sudah selesai... harus gak ketemu Agha deh pas jam kantor. Bunli di kampus, Agha sekolah di rumah Nenek. Hmmm, kangen Agha...

Masak: Bandeng Acar Kuning

Dikirim: February 19th, 2007 | Oleh: | Kategori: Hidangan | 36 Komentar »

Bandeng Acar KuningTahu ikan bandeng kan? Nah, yayang itu suka banget sama si ikan air payau ini. Saya? suka aja , artinya kalau makan bandeng melulu gak lah ya! :D Berhubung sudah lama gak masak ikan bandeng, jadilah kemarin saya buat Bandeng Acar Kuning. Kebetulan kalau bandengnya di masak acar kuning saya masih bisa bilang suka, soalnya bumbu acarnya segar :D

Bahan:

  • 1 ekor bandeng ukuran kecil-sedang
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 2 lembar daun salam
  • 2-3 butir kemiri
  • 1-2 batang wortel
  • 1 sdm cuka
  • 1½ sdt garam
  • ½ sdt gula pasir
  • 150cc air

Cara mengolah:

  • Bersihkan bandeng dan potong-potong sesuai selera. Cuci bersih dan taburi garam
  • Goreng bandeng. Sisihkan.
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit dan kemiri, beri sedikit garam dan air agar cepat halus.
  • Bersihkan wortel, potong-potong seperti korek api. Sisihkan.
  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum.
  • Masukkan daun salam dan wortel. Tumis sampai wortel agak layu.
  • Masukkan garam dan ikan bandeng. Aduk.
  • Tambahkan air dan cuka, masak hingga air bumbu meresap. Angkat Hidangkan.

Catatan:

  • Ukuran bumbu silakan disesuaikan jika menggunakan ikan bandeng ukuran besar/jumbo
  • Jika suka dapat ditambahkan cabe rawit utuh saat memasak.
  • Wortel dapat diganti atau ditambah mentimun yang juga dipotong seperti korek api.
  • Jika menggunakan mentimun, buang bagian bijinya

36 komentar untuk “Masak: Bandeng Acar Kuning”

  1. 1
    linda
    berkomentar pada jam 9:28 am
    tanggal 22 February 2007

    bu, dah coba di pesmol? hmmmm yummy

  2. 2
    dien
    berkomentar pada jam 3:57 pm
    tanggal 22 February 2007

    kayak enak tuh

  3. 3
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 8:47 am
    tanggal 23 February 2007

    @ Linda: pesmol? ..belum pernah nyoba tuh. Harus pakai daun pisang kan ya?

    @ dien: enak…enak…enak… Ayo Mi, bikin dooong :d

  4. 4
    Vivie
    berkomentar pada jam 7:10 pm
    tanggal 20 March 2007

    Bingung…. cari resep gimana lagi buat masak ikan bandeng. Masak cuman dengan bumbu-bumbu yang itu juga. Akhirnya ketemu nih resep “Bandeng Acar Kuning”. Langsung deh kucoba… Hasilnya??? o:-)
    Pingin tahu apa komentar suami nanti :x
    Makasih ya Yuliazmi…

  5. 5
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 10:57 pm
    tanggal 20 March 2007

    Halo Vivie, senangnya bisa menghilangkan kebingungannya. Semoga suka ya… pasti suaminya senang deh, kan yang masak istri tercintanya :)

    Oh ya coba di asam padeh juga bisa ikan bandengnya, caranya mirip asam padeh daging yg ada di posting hidanganku (lihat deh… hehehe, promosi nih). Met mencoba ;)

  6. 6
    Vivie
    berkomentar pada jam 2:16 am
    tanggal 21 March 2007

    :d/ Terus terang aku masak 3 porsi, sengaja sisa untuk esoknya karena kupikir besok pasti lebih enak lagi; bumbu lebih merasuk. Kunanak nasi juga melebihi porsi… eh gak tahunya, ikan bandeng acar kuningku habis. Suamiku ternyata suka juga :”>
    Entar kapan aye coba deh ya asam padehnya. Makasih ya Yuli boleh kerpek resepnya.

  7. 7
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 2:49 pm
    tanggal 24 March 2007

    Wah 3 porsi lansung tandas :-o …hehehe. benar mbak Vivie, kalau bumbu sdh benar2 meresap lebih enak :)>-

    Ok, selamat mencoba asam padeh-nya. senang kalau cocok dengan resepku :)

  8. 8
    soffa
    berkomentar pada jam 4:02 am
    tanggal 15 June 2008

    Buat kamu-kamu yang punya hobi memasak, kunjungi http://www.kokiku.info
    Disitu kalian bisa memperoleh kumpulan resep makanan, promosiin bisnis kalian di iklan gratis kami, cari info kuliner, dan tips serta info menarik lainnya.
    Jangan lupa hanya di http://www.kokiku.info

    Huehehehehe ^_^

  9. 9
    Nofi
    berkomentar pada jam 7:26 pm
    tanggal 5 June 2009

    Hai jeng..tengkyu bwt resepny..dr kmrn ak bgung gmn cr memvariasi bandeng spy suami g bosan..stlh dicoba hmm mantap dech!

  10. 10
    cah pamulang
    berkomentar pada jam 10:58 pm
    tanggal 14 July 2009

    pasti rasane ora karuan.wong gemblung.daun salam dibikin acar.hare genee masih mabok
    .-= cah pamulang´s last blog ..[cahPamulang] 13 Situs Masuk Daftar UNESCO =-.

  11. 11
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 1:00 am
    tanggal 15 July 2009

    @Cah Pamulang: enak aja bilang wong gemblung, udah nyobain belum? bisa-bisanya bilang rasanya ora karuan

  12. 12
    siti nur azizah
    berkomentar pada jam 6:00 am
    tanggal 3 December 2009

    enak…

  13. 13
    Jejen
    berkomentar pada jam 8:33 am
    tanggal 8 March 2010

    Mbak / Teteh ,
    Kalau yang dibikin bukan ikan bandeng tetapi ikan Nila.
    Enak gak ?
    Di Villa Hijau banyak ikan Nilla nya , kalau udah setahun atau dua tahun dah besar2.
    Mapir ya kapan2 ajak keluarga , inap sana.
    Dapurnya peralatan lengkap buat masak2.
    Kamarnya ada 4.
    Pemandangannya fantastis ,kalau pas kebeneran tidak mendung. TQ

  14. 14
    rina
    berkomentar pada jam 10:06 am
    tanggal 18 August 2010

    bu,,,klo ikan bandeng ga digoreng dulu,,,bisa ga?enak ga kira2 hehe…baru mencoba belajar masak hehe,,,

  15. 15
    anisa
    berkomentar pada jam 5:09 am
    tanggal 22 August 2010

    wahhh,,,boleh tuchhh coba, soalnya dri kmren msk koq rasanya gitu2 mulu….mw cba ahhh,,,smg enakkk

  16. 16
    mama haikal
    berkomentar pada jam 10:03 am
    tanggal 22 August 2010

    wah makasih ya resepnya…
    gak pake lengkuas ya?
    kalo saya kok mesti pake lengkuas ya?
    kira2 apa beda rasanya ya?

  17. 17
    Nurul Saidah
    berkomentar pada jam 11:33 am
    tanggal 2 September 2010

    MANTAP … THANKS BERAT …

  18. 18
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 10:04 am
    tanggal 20 September 2010

    @Mama Haikal: aku pakai bumbu minimalis, kalau suka sedikit lengkuas/laos dan jahe juga boleh ditambahkan. Dikeprek dulu sebelum ditumis ya.

  19. 19
    doni
    berkomentar pada jam 3:17 pm
    tanggal 20 September 2010

    keren tuh reseo nya ntar di coba ah

  20. 20
    inge
    berkomentar pada jam 8:38 am
    tanggal 9 October 2010

    pagi ini aku br bingung mau masak apa, coba ah…tapi bandengnya mau aku ganti ayam aja….tq ya bu…

  21. 21
    ria
    berkomentar pada jam 10:46 am
    tanggal 29 July 2011

    mba,,,aq gagal ni,,,,rasanya ga enak

  22. 22
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 2:38 pm
    tanggal 3 August 2011

    @ria: lho kok bisa? ada bumbu yang terlewat?

  23. 23
    Sri (ibu Farid)
    berkomentar pada jam 9:27 am
    tanggal 27 October 2011

    Mbak Yuli, cocok bgt nih resepnya, sy suka yg minimalis. Tp jg tkt msh bau bandengnya, jd bnr banget kalo digoreng alias diacar masaknya. Tp kl di Pontianak kami biasa pake air asam jawa daripada pake cuka. Sama enaknya kali ya… Tq mbk. Sukses!

  24. 24
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 3:39 pm
    tanggal 2 November 2011

    @Sri: kayaknya enak juga tuh pakai asam jawa, tapi warnanya mungkin jadi lebih gelap sedikit ya.

    Pakai asam kandis atau belimbing wuluh bandeng nya bisa dibikin asam padeh Bu, resepnya sdh pernah ku posting disini :)

  25. 25
    seellyy
    berkomentar pada jam 2:58 pm
    tanggal 11 November 2011

    mak nyuusssss

  26. 26
    Utami batam
    berkomentar pada jam 1:43 pm
    tanggal 4 January 2012

    Waduh!! Rasane pasti clegux tuch!! Cleguk 3x

  27. 27
    wiwikk
    berkomentar pada jam 2:43 pm
    tanggal 20 January 2012

    cocok buat pemula…resep’y simle..
    kl misal bandeng d ganti ma ikan yg lain bs ga y? misal patin ato gurame gt?

  28. 28
    manajemen sumberdaya manusia
    berkomentar pada jam 3:58 pm
    tanggal 8 February 2012

    wah..kelihatannya enak banget …hmm udah kebayang ntar kalo masak pake resep ini. Thanks.

  29. 29
    ryanti
    berkomentar pada jam 8:43 am
    tanggal 11 April 2012

    trims infox..brhubung sya bru ltihan masak,resep ni yg sy bthkan untk suami sya trcinta.sle pengantin bru biar tmbh dsyang suami..hehe mksh bgt ya.

  30. 30
    pemutih badan
    berkomentar pada jam 4:38 pm
    tanggal 18 April 2012

    Mbak itu bisa gak sih kalo bandengnya gak digoreng dulu?

  31. 31
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 1:57 pm
    tanggal 14 May 2012

    Waaa, maaf udah lama nda intip blog. Baru dibalas skrg deh:

    @wiwik: diganti ikan lain menurutku sih bisa saja, sesuai selera.

    @ryanti: jangan lupa pakai bumbu CINTA, pasti makin enak, jadi makin disayang suami deh :)

    @pemutih badan: saya belum pernah coba, kalau gak digoreng nanti ikannya gak matang, kalau ditambah airnya (supaya ikannya jadi direbus) mungkin ikannya jadi lunak spt di resep asam padeh

  32. 32
    Vita
    berkomentar pada jam 11:49 pm
    tanggal 13 July 2012

    Mba Yuliazmi..makasih resepnyaa..malem2 masi online karena pengen masak bandeng dengan resep yg beda..selama ini dicabein ala balado mulu..hehehe… met kenal ya..moga besok pagi resep ini sukses nangkring di mejaku

  33. 33
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 11:47 am
    tanggal 27 July 2012

    @Vita: semoga sukses dan sesuai dengan selera :)

  34. 34
    hanna
    berkomentar pada jam 10:25 pm
    tanggal 14 September 2012

    mantap nih resepnya…
    wajib dicoba…..
    kira-kira bisa diganti dengan ikan selain bandeng mba ?

    Resep Masakan

  35. 35
    acar bandeng | Makanan Siap Saji
    berkomentar pada jam 10:02 am
    tanggal 7 December 2012

    [...] yuliazmi.com [...]

  36. 36
    alifah
    berkomentar pada jam 3:56 pm
    tanggal 25 December 2012

    bagi pemula gampang tuch!
    rasanya alhamdulillah g mengecewakan. tp kykx kurang sempurna, cz sempet g PD ma hasilx :D
    thx resepx.


Isi Komentar