Cuti sudah selesai... harus gak ketemu Agha deh pas jam kantor. Bunli di kampus, Agha sekolah di rumah Nenek. Hmmm, kangen Agha...

Masak: Mie Goreng

Dikirim: December 27th, 2007 | Oleh: | Kategori: Hidangan | 39 Komentar »

mie-gorengWiiii, ternyata sudah lama banget gak posting resep, posting ah, walau cuma resep yang semua orang pasti sudah tahu. Hari ini saya masak mie goreng andalan saya dengan porsi besar :D Kenapa porsi besar? karena yayang suka, selebihnya karena stok mie telurnya tanggung kalau gak dimasak sekaligus. Lagipula saya memang sering bikin porsi besar, kalau ada kunjungan keluarga/teman termasuk waktu mas Riyo dan teman2nya "ngantor" di rumah kami. Satu lagi, mau bismilahin wajan baru karena wajan saya yang lama rasanya sudah gak mantap untuk dipakai :D

Bahan:

  • 3 bungkus mie telor
  • 3 siung bawang putih
  • 2-3 butir telur ayam
  • 1 buah wortel ukuran besar
  • 5 butir bakso sapi
  • 1½ sdt peres garam halus atau sesuai selera
  • 1½ sdt peres Royco
  • 1½ sdt peres merica
  • 5-6 sdm kecap manis atau sesuai selera

Cara mengolah:

  • Rebus mie telur dengan menambahkan 3 sendok makan minyak goreng dan sedikit garam kedalam air rebusan. Angkat, tiriskan dan sisihkan.
  • Bawang putih dirajang halus, sisihkan.
  • Kupas wortel lalu potong2 seperti korek api.
  • Iris bakso sesuai selera, sisihkan.
  • Panaskan minyak di wajan lalu tumis bawang putih hingga layu.
  • Masukkan potongan wortel aduk tambahkan bakso tumis hingga wortel agak layu.
  • Sisihan tumisan dipinggir wajan, lalu pecahkan telur di atas sisa minyak tumisan, beri sedikit garam aduk lalu campur dengan tumisan wortel dan bakso.
  • Kecilkan api kompor. Masukkan mie yang telah direbus, garam, lada, royco dan kecap. Aduk sampai merata.
  • Bila telah rata, besarkan api sejenak sambil mie tetap diaduk agar mie masak sempurna.
  • Angkat hidangkan dengan saos sambal.

 

Catatan:

  • Lampiran (tambahan isi) mie goreng dapat dibuat sesuai selera, bisa ditambah udang, potongan fillet ayam, cumi, bakso ikan dan lainnya. Yang penting lampiran tersebut harus ditumis diawal agar matang dan jangan lupa menambahkan sedikit garam lebih banyak dari takaran resep.
  • Bila suka bisa menambahkan daun bawang dan sawi, tetapi ini akan membuat mie goreng lebih "basah".
  • Jika Anda pecinta lada, pastikan memakai lada yang digiling sendiri, jika menggunakan lada bubuk siap pakai kemungkinan besar Anda harus menambahkan jumlah lada lebih banyak dari takaran resep.

Resep ini bisa untuk 6-8 porsi mie goreng… Jika ingin membuat porsi standar tinggal disesuaikan saja takarannya. Hmmm ada yang kangen sama mie goreng buatan saya? ;;)


39 komentar untuk “Masak: Mie Goreng”

  1. 1
    Praditya
    berkomentar pada jam 2:49 am
    tanggal 28 December 2007

    Resepnya rada panjang gini pasti mie goreng spesial buat mas Riyo… ;))

    Posting terakhir di blognya Praditya Kopdar Agen Rahasia Red Pepper

  2. 2
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 3:35 am
    tanggal 28 December 2007

    @Praditya
    So pasti dong :d

    Btw, Mie nya enak lho … suwer …
    Apa mungkin gara-gara wajan barunya ya :-?
    Hehehe, ya gak lha, tapi karena memang kokinya yang pinter masak =d>

    Posting terakhir di blognya Riyogarta Bagaimana Membuat Suasana Tegang?

  3. 3
    suprie
    berkomentar pada jam 9:02 am
    tanggal 28 December 2007

    maaf bu… saya pesan mie goreng nya dua gak pedes yah … :)>-

    Posting terakhir di blognya suprie Themes Smiley baru

  4. 4
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 2:55 pm
    tanggal 28 December 2007

    @ Praditya: resep masakan saya selalu special lho :D ;;)

    @ Riyo: hehehe :”> mau tambah lagi Yang?

    @ Suprie: wah mienya udah abis Prie :P

    Posting terakhir di blognya Yuliazmi Masak: Mie Goreng

  5. 5
    away
    berkomentar pada jam 3:09 pm
    tanggal 28 December 2007

    udah lama gak mampir neh, eh ada mie goreng. makan dulu ah,,,,
    domainnya jg udah ganti ternyata
    kemana aja ya aku?

    Posting terakhir di blognya away Iseng

  6. 6
    suprie
    berkomentar pada jam 3:27 pm
    tanggal 28 December 2007

    ada nya apa bu ???

    Posting terakhir di blognya suprie Themes Smiley baru

  7. 7
    riyodina
    berkomentar pada jam 3:57 pm
    tanggal 28 December 2007

    lha tau gitu tadi aq ga pesen migoreng, mendingan makan buatan nte Ulli ajeeee…pasti wenakh tenan lha wong janjinya buat yayangnya…:x pake bumbu cinta seeeehhhh….. hmmmm nyam nyam

  8. 8
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 4:26 pm
    tanggal 28 December 2007

    @ Away : iya nih… kemana aja Way? :D

    @ suprie: adanya?… addda aja :D

    @ riyodina: weleh…, jadi tadi makan mie goreng juga?

    Posting terakhir di blognya Yuliazmi Masak: Mie Goreng

  9. 9
    Zawa
    berkomentar pada jam 8:39 am
    tanggal 30 December 2007

    :”> Mo minta sarapan ah…

    Hehehehe… sama, saya juga jarang main kesini. Jarang blogwalking soalnya… :)

    Posting terakhir di blognya Zawa Selamat Tahun Baru 2008

  10. 10
    waterbomm
    berkomentar pada jam 3:10 pm
    tanggal 30 December 2007

    hemm.. pasti manteb nih =P~

    Resep ini bisa untuk 6-8 porsi mie goreng…

    pasti buat saya 1 ya mba :”> hihi ;))

  11. 11
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 1:01 am
    tanggal 31 December 2007

    @ Zawa: hehehe…, lagi sibuk ya?

    @ waterbomm: 1 porsi buat kamu? Ge Er ih :P

  12. 12
    Tiwi
    berkomentar pada jam 1:26 am
    tanggal 1 January 2008

    Yul, koq ngimingi2 aja nih bakmi nya….
    Met Tahun Baru 2008 ya say….moga makin mesra sama Mas Riyo.

    Posting terakhir di blognya Tiwi Resolusi 2008

  13. 13
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 8:49 am
    tanggal 1 January 2008

    @ Tiwi: hehehe… lihat resep selanjutnya dong, aku mo posting tonseng nih. Met Tahun Baru juga, makin mesra juga sm Erik… Sukses selalu buat Tenfams… :)

  14. 14
    dodot
    berkomentar pada jam 10:21 am
    tanggal 1 January 2008

    waduh laper nich :)

    request atu porsi yo:((

  15. 15
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 10:38 am
    tanggal 1 January 2008

    @ dodot: silakan diambil di foto atas :d Laper ya belum makan dari tahun kemaren ;))

  16. 16
    aLe
    berkomentar pada jam 2:05 pm
    tanggal 1 January 2008

    tuh khan gak bagi2 buat aLe lagi [-(

    :D
    met taon baru ya.. <:-P

    Posting terakhir di blognya aLe Laporan bLog aLixwiJaya.Com ahir tahun 2007

  17. 17
    shige
    berkomentar pada jam 6:23 pm
    tanggal 1 January 2008

    jadi laper nih baca tulisan mbak Yuliazmi .. boleh minta dibuatin gak masakannya mbak :d

    salam kenal ya … ^^

  18. 18
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 3:19 am
    tanggal 2 January 2008

    @ aLe: rugi ah bagi2 aLe…, ongkos kirim ke Malangnya mahal :P Met tahun baru juga Le :)

    @ shige: hehehe… selamat makan. Salam kenal juga :)

  19. 19
    aldi
    berkomentar pada jam 5:33 am
    tanggal 17 February 2008

    halo

  20. 20
    mike
    berkomentar pada jam 6:46 pm
    tanggal 8 June 2008

    :d wah mienya bisa di contek tuh,hehehe ;))
    tapi kenapa gambarnya cuma kecil banget,,,, kan biasanya itu selera dimulai dari gambar makanan,, sama dekorasinya,,heheh :d
    tapi bisa di coba nih,,, buat masakin temen saya yang kesukaanya mie,
    makasih ya,,mbak buat resepnya. [-O< ;;) :)

  21. 21
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 2:15 pm
    tanggal 9 June 2008

    @mike:
    di klik aja gambarnya untuk melihat ukuran besarnya :d
    Selamat masak…, buat temen apa “temen” ;) ;))

  22. 22
    indah
    berkomentar pada jam 6:57 pm
    tanggal 15 September 2008

    thanks ya mbak .. bsk mau nyoba untuk buka puasa :) :) ..(daejon korea)

  23. 23
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 9:15 am
    tanggal 16 September 2008

    @indah: Met bikin mie goreng utk buka puasa :)

  24. 24
    hanny
    berkomentar pada jam 8:49 pm
    tanggal 11 March 2009

    suwerrrr,, enak bgt mie nya .. :d

  25. 25
    yoyo
    berkomentar pada jam 9:13 pm
    tanggal 9 August 2010

    g enak…..

  26. 26
    Nenk
    berkomentar pada jam 11:20 am
    tanggal 11 October 2010

    hmmm, kn sya cba ah! bleh y mbak hehehe…
    o y lw boleh sya ksih saran nama mie goreng yg mbak bkin “Mie Goreng Spesial Buat Mas Rio”

  27. 27
    Aisyah Anidya Nizanty
    berkomentar pada jam 6:40 am
    tanggal 7 November 2010

    maantapp!yummy mendingan di tambahin ayam goreng disuir,yummy….

  28. 28
    Aisyah Anidya Nizanty
    berkomentar pada jam 6:41 am
    tanggal 7 November 2010

    bikin lgi ahhh…. :)

  29. 29
    simul
    berkomentar pada jam 7:42 pm
    tanggal 1 December 2010

    JdI doYan MakAn kyAk nA ,,,,
    Mau Lg donk ,,, da rEseP yaNG lAin tidAk ???

  30. 30
    Oknanta
    berkomentar pada jam 12:53 pm
    tanggal 26 December 2010

    Heheehe Yul gw lagi iseng2 cari2 resep mie goreng di google eh… di page pertama rank ke 2 web corat-coret yg nongol :))

  31. 31
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 3:09 pm
    tanggal 30 December 2010

    @Oknanta: Wah asyik dong dapet rank 2. Lagi ngidam mie goreng nih? ;)

  32. 32
    ZiE
    berkomentar pada jam 9:19 am
    tanggal 4 February 2011

    makasih resepnya ^_^, sudah di praktekkan hohoho..

  33. 33
    hotbin haloho
    berkomentar pada jam 6:11 pm
    tanggal 10 February 2011

    resepnya biasa aja..coba resep diatas di tambahin saos tiram.anciu,kecap ikan..jamin rasa masakan jd mie goreng resto..met nyoba ya…

  34. 34
    marco
    berkomentar pada jam 8:54 pm
    tanggal 25 April 2011

    resep nya lumayan mantap

  35. 35
    Nesa Padmawati
    berkomentar pada jam 9:57 am
    tanggal 25 August 2011

    Bikin laperr aja nichh,,,

  36. 36
    Debnie
    berkomentar pada jam 11:43 am
    tanggal 1 October 2011

    makasih kak,
    ini simpel,
    gampang buat yg blm mahir masak :p

  37. 37
    priska
    berkomentar pada jam 10:18 pm
    tanggal 12 October 2011

    mba, perlu ditmbaah air gitu gak??

  38. 38
    yolanda virginia
    berkomentar pada jam 4:21 pm
    tanggal 22 October 2011

    boleh juga di coba resepnya

  39. 39
    njir
    berkomentar pada jam 10:13 am
    tanggal 10 June 2012

    wah kebetulan cw gw minta dibuatin mie goreng,,eh artikel ini..
    izin sedot y, moga rasanya ga beda jauh sama yg buat blog ini..
    lho ky yg udh ngerasain aja ^_^..
    thx y mba


Isi Komentar