Cuti sudah selesai... harus gak ketemu Agha deh pas jam kantor. Bunli di kampus, Agha sekolah di rumah Nenek. Hmmm, kangen Agha...

Masak: Semur Daging

Dikirim: February 7th, 2008 | Oleh: | Kategori: Hidangan | 18 Komentar »

semur-dagingBukannya lagi rajin masak siy, hanya beberapa hari ini ternyata saya masak masakan yang belum diposting resepnya. Jadi Semur Daging yang memang baru dimasak ini saya posting resepnya sekalian :) Semur daging itu sebenarnya lebih enak jika sudah dipanaskan ulang, karena rasa bumbunya sudah lebih meresap.

 

Bahan:

  • 500 gr daging sapi
  • 3 buah kentang
  • 3 siung bawang putih
  • 4siung bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt lada
  • 1 sdt ketumbar
  • ½ sdt jintan
  • 5 sdm kecap manis
  • 2 sdt garam
  • ½ sdt Royco
  • 2 cm batang kayu manis
  • 1 ltr air
  • gula pasir secukupnya

Cara mengolah:

  • Bersihkan daging sapi lalu potong-potong sesuai selera, sisihkan
  • Kupas kentang, potong kotak sesuai selera
  • Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, lada, jintan dan garam.
  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan potongan daging tumis hingga berubah warna.
  • Tambahkan kecap manis, aduk lalu tambahkan air.
  • Masukkan batang kayu manis, royco dan garam.
  • Masukkan potongan kentang, masak hingga daging dan kentang empuk.

Catatan:

  • Kentang menyerap garam sehingga dapat ditambahkan garam lagi sesuai kebutuhan.
  • Rasa kecap manis tergantung pada jenisnya, sehingga bisa ditambahkan 1-2 sdm lagi sesuai selera jika diinginkan.

18 komentar untuk “Masak: Semur Daging”

  1. 1
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 1:56 am
    tanggal 8 February 2008

    Nyam nyam … enak nih … soalnya sudah di test buat makan siang dan malam tadi :d

    Posting terakhir di blognya Riyogarta KGB, Kompresinya Gila!!

  2. 2
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 2:23 pm
    tanggal 8 February 2008

    @ Riyo : sampai ada yang nambah ya ;) :x

  3. 3
    suprie1983
    berkomentar pada jam 3:39 pm
    tanggal 11 February 2008

    :-w bikin orang ngiler ajah … =p~

    Posting terakhir di blognya suprie1983 Migrasi : Dell Inspiron 9100

  4. 4
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 12:01 am
    tanggal 13 February 2008

    @ suprie : selamat ngiler…, awas jangan sampai banjir :P

  5. 5
    warmorning
    berkomentar pada jam 9:42 am
    tanggal 13 February 2008

    masakan faporit saya….. *panik*… bagi saya mbak, satu piriing aje, ye.. :)

    Posting terakhir di blognya warmorning american idol

  6. 6
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 3:20 pm
    tanggal 13 February 2008

    @ warmorning : hehehe 1 piringnya sudah jatah suami :D

  7. 7
    Rudi
    berkomentar pada jam 9:27 am
    tanggal 14 February 2008

    ini Yuliazmi yg dosen di BL ya ?

    Posting terakhir di blognya Rudi Karakter Balita Menurut Shio

  8. 8
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 11:16 pm
    tanggal 15 February 2008

    @ Rudi: ya, saya. kenapa ya?

  9. 9
    retno
    berkomentar pada jam 8:19 pm
    tanggal 2 June 2008

    Kayaknya enak, besok bikin ach… :d

  10. 10
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 10:55 am
    tanggal 5 June 2008

    @retno: met mencoba…, udah? gimana… enak kan? ;)

  11. 11
    villy
    berkomentar pada jam 9:48 am
    tanggal 9 June 2009

    pengen coba sich tp blm da yang di masakin he…..

  12. 12
    pink
    berkomentar pada jam 3:21 pm
    tanggal 19 May 2010

    pingin coba tapi kok agak susah

  13. 13
    kuma
    berkomentar pada jam 12:03 pm
    tanggal 17 December 2010

    saya coba masak kok, rasa kentangnya aneh ya?? apa karena saya tambahkan laos dan serai ya?? (2 bahan ini saya dapetnya dari resep lain)…….hiks…lidah rasanya sedikit lidas…

  14. 14
    lala
    berkomentar pada jam 8:44 am
    tanggal 5 September 2011

    ceritanya mau belajar masak cyn,…
    siapa tahu ntar gue bisa, nah kan gue bisa buka
    catering…kan lumayan….

  15. 15
    ani
    berkomentar pada jam 11:51 am
    tanggal 27 October 2011

    mbak ..boleh ga kalo ga pake royco???

  16. 16
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 3:36 pm
    tanggal 2 November 2011

    @Ani: boleh gak pakai royco kok

  17. 17
    basri
    berkomentar pada jam 9:01 pm
    tanggal 17 March 2012

    thanks for resep semur daging . 2 thumb

  18. 18
    Imuhmus
    berkomentar pada jam 8:16 pm
    tanggal 25 March 2012

    Nyam..nyam..jdi selera makan ni,


Isi Komentar