Cuti sudah selesai... harus gak ketemu Agha deh pas jam kantor. Bunli di kampus, Agha sekolah di rumah Nenek. Hmmm, kangen Agha...

Cover TesisMengingat cukup banyak pihak yang saya kenal ingin mengetahui tentang KM dan FGD maka saya mempublikasikan tesis saya di blog ini. Penerapan Knowledge Management Pada Perusahaan Reasuransi: Studi Kasus PT Reasuransi Nasional Indonesia. Oleh Yuliazmi NIM: 0411610047. Tesis saya dapat dilihat disini.

Alhamdulillah tesis saya selesai disusun dan telah dipertahankan pada tanggal 29 November 2005 sekitar pukul 20.20 WIB. Penyusunan tesis ini sempat tertunda, dimana seharusnya saya dapat menyelesaikannya sebelum wisuda Oktober 2005. Program Magister Ilmu Komputer ini saya tempuh sejak tahun 2004 di Universitas Budi Luhur.

Tesis saya mengangkat tentang Knowledge Management (KM) yang diperkenalkan oleh Dosen saya, Drs. Nazir Harjanto, MSc. Saya membahas kemungkinan Penerapan KM berbasis Web di tempat riset saya yang memiliki core bisnis reasuransi. Ide untuk membahas penerapan KM ini saya dapatkan dari diskusi saya dengan Riyogarta, suami tercinta. Kemungkinan penerapan ini dilihat dari sisi dukungan infrastruktur dan sudah adanya aktifitas sharing knowledge antar pegawai dalam sebuah bagian.

Dalam tesis ini saya menggunakan Focus Group Disscussion (FGD) sebagai metodologi penelitian. FGD ini dikenalkan oleh pembimbing saya Prof. Dr. Ir. Marsudi W Kisworo saat saya mulai menyusun tesis.

Dua kutipan ini menginspirasikan saya dalam menyusun tesis ini:

  • “A little knowledge that acts is worth more than much knowledge that is idle”  -Khalil Gibran-
  • “Everything has been thought of before, but the problem is to think of it again”  -Johann Goethe-

Publikasi ini saya tujukan pula sebagai tanda terima kasih saya kepada semua pihak yang telah mendukung saya baik langsung maupun tidak langsung. Ucapan terima kasih ini untuk melengkapi 3 halaman yang berhasil saya susun dalam tesis saya. 🙂

Saya menyadari, sebagai makhluk Tuhan yang jauh dari kesempurnaan, bahwa masih banyak kekurangan dari penelitian ini. Semoga tesis ini masih dapat memberikan manfaat dari keterbatasannya. Amin.

Untuk semua yang saya cintai:

Titian berikutnya yang telah terlampaui
Semoga selalu menopang langkah-langkah yang akan melaluinya

Download tesis:
Download dari server bedeng.com
Download dari server gilaupload.com